Cara Membeli Barang dari Alibaba dengan Aman dan Mudah

Cara Membeli Barang dari Alibaba dengan Aman dan Mudah – Jika Anda adalah orang yang cukup senang berbelanja produk dari luar negeri secara online, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan layanan pasar online Alibaba. Namun jika belum mengenalnya, maka adalah pilihan yang tepat jika Anda mulai untuk mencaritahu layanan seperti apa dan bagimana cara belanja barang dari Alibaba. Pasalnya Alibaba kerap menjadi pilihan bagi banyak orang saat ini secara global untuk membeli produk keinginan mereka. Salah satu ketertarikannya, yaitu karena produk atau barang yang dijual di marketplace tersebut cukup murah.

Apa itu Alibaba

Alibaba merupakan salah satu layanan pasar online berbasis website yang terkenal dan cukup populer di Asia. Layanan website ini pada dasarnya hampir sama dengan layanan e-commerce yang sudah sering kita temukan, dimana para pebisnis dari perusahaan maupun individual dapat memperoleh kesempatan untuk membeli atau menjual produk di layanan tersebut. Namun, agak berbeda dengan marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee, ataupun Bukalapak, Alibaba ini sendiri sudah menjangkau skala global atau internasional.

Karena pelayanannya telah mencapai skalanasional di China hingga Internasional, maka tak heran jika cara belanja barang dari Alibaba ini yakni dengan menggunakan kurs mata uang negara Tiongkok. Oleh karena itu, metode yang cukup mudah yang bisa digunakan untuk berbelanja di website ini yaitu dengan menggunakan paypal ataupun kartu kredit.

Cara Berbelanja di Alibaba dengan Aman dan Mudah

Seperti yang telah diketahui, layanan Alibaba ini merupakan layanan pasar online yang berbasis website. Adapun website yang bisa dikunjungi untuk memperoleh layanannya secara keseluruhan, yaitu pada situs www.alibaba.com. Dengan mengunjungi link tersebut, Anda akan diarahkan untuk menikmati layanan apa saja yang tersedia dari website tersebut. Berikut adalah beberapa langkah-langkah dalam cara belanja barang dari Alibaba dengan aman dan mudah.

1. Membuat akun di Website Alibaba

Hal ini sama saja dengan layanan e-commerce lainnya yang sudah kerap kita temui. Sebelum melakukan segala macam transaksi dan pembelanjaan, Anda harus terlebih dahulu terdaftar pada layanan tersebut. Pendaftarannya pun dilakukan dengan cukup mudah, seperti halnya pendaftaran pada beberapa situs atau aplikasi online lainnya. Anda hanya perlu mendaftarkan email aktif dan melakukan verifikasi.

2. Mencari penjual atau produk yang diinginkan

Setelah membuat akun, Anda akan langsung diarahkan kepada berbagai pilihan layanan yang dapat Anda peroleh dari website tersebut. Karena Alibaba merupakan layanan marketplace, maka tentu saja layanan utama yang akan diberikan yaitu beberapa pilihan produk-produk tertentu yang dapat Anda beli.

Karena banyaknya pilihan barang yang tersedia dan asal produsennya mungkin saja dari negara lain, maka kunci utama dalam memilih barang di layanan ini, yaitu dengan memperhatikan baik-baik spesifikasi produk yang dipilih serta memastikan bahwa toko atau penjual yang bersangkutan sudah memiliki lencana verfikasi dari layanan ini. Perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya Anda memilih penjual yang menggunakan alamat atau kontak perusahaan yang sah, bukan menggunakan alamat atau kontak secara pribadi.

3. Memilih metode pengiriman dan pembayaran

Setelah barang-barang yang akan dibeli telah dipilih sedemikian rupa, selanjutnya adalah melakukan pembayarannya. Namun, sebelum memilih metode pembayarannya, Anda akan diarahkan terlebih dahulu untuk memilih metode jasa pengiriman luar negeri, sepertiFedex, EMS ataupun DHL.

Sementara metode pembayaran yang bisa digunakan pada dasarnya bisa menggunakan paypalatau kartu kredit karena pembeliannya dengan menggunakan kurs mata uang Tiongkok. Namun, Anda juga bisa membeli barang dengan kurs Rupiah dengan metode western union. Layanan dari metode ini, yakni dapat berupa pembayaran melalui jasa kantor pos, pegadaian, Indomaret ataupun Alfamart.

4. Menunggu pesanan sampai

Setelah semua cara belanja barang dari Alibaba telah dilakukan, langkah terakhir yaitu menunggu pesanan tiba dengan aman di tempat tujuan. Untuk memastikan pemesanan telah diproses, Anda dapat mengecek email konfirmasi bahwa pembayaran dan proses pemesanan telah berhasil dilakukan. Karena barang yang dipesan mungkin saja berada di luar negeri dengan jangkauan yang cukup jauh, umumnya pesanan tersebut akan sampai dalam jangka waktu paling lama 2 minggu. Kalaupun telah lewat batas waktu tersebut, biasanya barang pesanan Anda harus tertahan beberapa saat di kantor Bea Cukai karena beberapa alasan tertentu, seperti masalah pembayaran pajak. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda wajib membayar pajak barang yang Anda beli di Alibaba.