Cara membuat Cireng Potong

Cara membuat Cireng Potong – Cireng memang banyak sekali jenis dan berbeda cara pembuatannya di setiap jenis. Hal ini akan membuat variasi yang bagus sekali dalam membuat cireng. Anda jadi tidak bosan kalau tiap hari ingin ngemil cireng. Wajar jika cireng banyak variasi karena bahan apa saja bisa dimasukkan dan ditambahkan ke dalam cireng.

Anda juga pasti tidak pernah gagal dalam membuat cireng karena mudah sekali dalam membuat cireng. Anda juga tidak akan kehabisan ide dalam membuat cireng. Anda bisa buat cireng yang pertama dengan cireng potong. Cireng potong ini bisa dibuat mudah dan dengan bahan seadanya. Berikut resep masakan rumahan membuat cireng potong.

  1. Cireng Nasi Potong

Bahan-bahan yang diperlukan untuk cireng potong adalah nasi bekas 1 piring, tepung sagu  8 sendok makan, air ½ gelas, bawang putih sekitar 2 siung, daun bawang 1 batang, lada bubuk, kaldu bubuk sapi, garam dan minyak goreng.

Anda siapkan panci dan masukkan nasi dan tambahkan air. Nyalakan api dan didihkan nasinya. Setelah itu tutup pancinya dan matikan api. Diamkan rendaman nasinya kurang lebih 11 menit. Setelah itu anda ambil nasinya dan ditumbuk ke dalam cobek hingga hancur. Setelah itu dalam wadah berbeda masukkan nasinya dan semua bahan lain seperti garam, kaldu bubuk sapi, lada bubuk, daun bawang dan sagunya. Setelah itu siapkan wadah yang ada tutupnya seperti Tupperware kotak. Anda masukkan adonan nasinya dan setelah itu dipadatkan di dalam wadah tersebut. Tutup dan masukkan dalam kulkas. Anda goreng cirengnya di sore atau malam hari. Anda potong dahulu cirengnya secukupnya dan setelah itu goreng.

  1. Cireng Potong Crispy

Resep yang kedua ini adalah cireng crispy potong yang pastinya enak sekali. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat cireng potong crispy ini adalah tepung kanji atau sagu kurang lebih 300 gram, tapung tapioka 15 sendok makan, garam 1 sendok teh, bubuk bawang putih ½ sendok makan dan daun bawang 4 batang dipotong kecil-kecil. Setelah itu anda siapkan air kurang lebih 250 ml. anda siapkan juga minyak untuk menggoreng cirengnya.

Anda siapkan panci dan masukkan tepung kanjinya setelah itu air. Aduk-aduk terus hingga adonan berubah jadi bening dan setelah itu angkat. Siapkan daun bawang yang sudah diiris. Anda taruh tepung tapioka 15 sendok makan ke dalam wadah. Tuang adonan basah cirengnya. Aduh hingga rata. Pipihkan adonan dengan penggiling. Setelah adonan pipih dan besar. Potong-potong beberapa bagian dan goreng.

  1. Cireng Isi Potong Dengan Cuka Pempek

Pernahkah anda memakan cireng dengan cuka pempek? Sebenarnya cireng hampir sama dengan pempek namun tidak pakai ikan. Nah bahan yang dibutuhkan dalam membuat cirengnya adalah tepung sagu 500 gram, tepung terigu 100 gram, garam, kaldu bubuk sapi dan air hangat. Untuk bahan isian cirengnya kornet 1 kaleng, cabe pedas, bawang putih 4 siung, bawang merah 3 siung, garam dan lada bubuk. Siapkan bahan cuka pempeknya yaitu gula merah 5 buah, bawang merah puih 7 siung, cabe pedas secukupnya dan asam jawa.

Sekarang buat dahulu cirengnya dengan menguleni kedua tepung dengan air hangat. Setelah itu sisihkan dan masak kornet bersama bumbu yang sudah dihaluskan. Ditumus kornetnya hingga matang dan isikan pada adonan cireng satu persatu. Goreng cirengnya dahulu dan dipotong jadi beberapa bagian. Ulek bawang merah putih dan cabe masak bersama gula merah. Tambahkan air dan asem jawa. Makan bersama cireng potong isi.