Panduan Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

Panduan Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda – Pastikan Anda memahami kebutuhan Anda dan mengetahui fitur apa yang harus dicari sebelum Anda memulai. Pasar penuh dengan aplikasi akuntansi yang berbeda dengan kemampuan berbeda, dan memilih sistem untuk bisnis Anda bisa sangat melelahkan. Ini membantu untuk memprioritaskan fitur yang Anda inginkan, berdasarkan kebutuhan akuntansi, kegunaan, dan harga Anda.

Panduan ini mengumpulkan beberapa fitur penting dalam software akuntansi untuk membantu Anda memilih sistem terbaik untuk bisnis Anda. Anda dapat memilih untuk mengatur sistem pembukuan secara manual (menggunakan buku akuntansi), secara elektronik (spreadsheet) atau menggunakan software akuntansi. Kecuali jika Anda ingin terbiasa dengan praktik pembukuan, software akuntansi adalah pilihan yang paling efisien.

Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Software Akuntansi

Setiap bisnis akan memiliki persyaratan yang berbeda dari perangkat lunak akuntansi. Saat memilih perangkat lunak akuntansi, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah software akuntansi yang anda beli sesuai dengan kategori usaha, proses bisnis, dan pencatatan data akuntansi di perusahaan anda?
  • Apakah sistem melacak stok, pekerjaan yang sedang berjalan, pesanan, pekerjaan, dan persyaratan manajemen tugas lainnya?
  • Apakah sistem dapat menangani beberapa rekening bank?
  • Apakah sistem tersedia dalam fitur mata uang asing (multi currencies)?
  • Apakah sistem melacak catatan keuangan yang terpisah untuk setiap bisnis atau departemen dalam bisnis?
  • Apakah sistem memungkinkan untuk berinteraksi dengan sistem komputer lain seperti pembayaran online?
  • Apakah sistem menyimpan catatan rinci tentang pelanggan termasuk apa yang mereka beli, seberapa sering mereka membeli dan kapan mereka membeli (sering disebut sebagai CRM (Customer Relationship Management)

Ketahui Batasan Anggaran Anda

Pertimbangan utama adalah anggaran Anda. Perangkat lunak siap pakai, seperti Accurate, Zahir, Jurnal, QuickBooks, Peachtree, dan MYOB, semuanya sangat terjangkau. Namun, ketika Anda mulai berfokus pada perangkat lunak (software) akuntansi khusus industri, yang juga disebut sebagai perangkat lunak vertikal, biayanya naik dan naik. Anda juga bisa download software gratis disini untuk bisnis Anda.

Sebagian besar perangkat lunak akuntansi bisnis vertikal dijual melalui pengecer, sehingga mereka dapat mendemonstrasikan program tersebut dan membantu Anda dalam pemasangan, penyiapan, dan pelatihan. Perangkat lunak ini memiliki label harga yang lebih tinggi karena memiliki pasar yang lebih kecil daripada perangkat lunak akuntansi generik, dan Anda harus membayar biaya pemeliharaan tahunan untuk menerima pembaruan dan peningkatan saat diproduksi.

Jangkau Bisnis Lain Dan Konsultan Perangkat Lunak

Cari tahu apa yang orang lain gunakan dalam industri Anda. Oke, mungkin tidak semua orang, tetapi setidaknya beberapa pesaing Anda. Rapat asosiasi bisnis adalah tempat yang tepat untuk membicarakan hal ini, dan Anda juga dapat bertanya kepada akuntan Anda, karena mereka harus memiliki setidaknya satu klien lain di industri Anda. Ada juga konsultan dan atau layanan yang akan membantu Anda mempersempit pilihan untuk perangkat lunak akuntansi keuangan terbaik untuk bisnis Anda.

Buat Daftar Keinginan Anda

Sekarang Anda telah mendapatkan banyak masukan, sekarang saatnya untuk duduk dan mendokumentasikan apa yang Anda inginkan terkait dengan software akuntansi bisnis untuk perusahaan Anda. Tentu saja Anda mungkin tidak akan menemukan software akuntansi bisnis yang memenuhi setiap item dalam daftar Anda, jadi Anda juga harus memutuskan mana yang tidak Anda inginkan.

Penting untuk menyeimbangkan informasi yang Anda terima dari setiap orang yang Anda ajak bicara dengan beberapa informasi faktual dan pandangan objektif. Beberapa perangkat lunak akuntansi bisnis dapat digunakan sebagai uji coba, memberi Anda gambaran tentang antarmuka dan fungsinya. Beberapa di antaranya adalah program lengkap yang memungkinkan penggunaan dalam jumlah terbatas atau penggunaan dalam jumlah terbatas.

Program lain menawarkan fungsionalitas terbatas dalam versi uji coba mereka. Dalam kedua kasus tersebut, sangat bagus untuk bisa mencoba sebelum Anda membeli. Tetapi Budiac menunjukkan bahwa pengujian produk akuntansi dapat melibatkan banyak pekerjaan, jadi pastikan untuk hanya menguji produk yang telah membuat hasil akhir Anda.

Buat Keputusan Perangkat Lunak Akuntansi Bisnis Anda

Sekarang terserah kamu. Perjalanan berakhir disini. Anda telah berbicara dengan banyak orang, di dalam dan di luar organisasi Anda, dan Anda telah membaca literatur vendor dan ulasan pihak ketiga. Anda telah menggunakan beberapa program, atau setidaknya mengikuti tur layar.

Jadi apa faktor penentu? Terserah kamu. Prioritaskan analisis kebutuhan Anda dan pastikan perangkat lunak yang Anda pilih memenuhi sebagian besar, jika tidak semua, fitur yang penting bagi Anda. Tidak ada paket perangkat lunak akuntansi bisnis ‘terbaik’, tetapi ada satu yang terbaik untuk bisnis Anda.